Definisi Web
& Sejarah Web
Web atau yang sering disebut dengan situs adalah sejumlah halaman yang
mempunyai banyak topic yang disertai dengan gambar, video atau pun atribut
lainnya. Situs web ini biasanya dapat diakses dengan menggunakan jaringan
internet atau jaringan wilayah local (LAN) melalui alamat internet yang umumnya
dikenal dengan URL. Lalu semua situs –
situs tersebut yang bisa diakses disebut sebagai WWW (World Wide Web).
Pada tahun 1991 pada pertamakalinya muncul jaringan
yang terhubung dengan web, penemu dari web itu sendiri adalah Sir Timothy John
Tim Bernes-Lee. Maksud dari Tim ketika merancang
situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada
sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat
dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh
publik.
A. MiMax, HyperText, Internet, Usenet, FTP, Gopher
Mem-Ex
Mem-ex yang berasal dari memoridan index. Mem-ex
merupakan nama dari system hypertext hipotetis yang dijelaskan Vannevar Bush
pada tahun 1945. Mem-ex ini berfungsi sebagai penyimpan dan
pengambilan informasi. Mem-ex sendiri dapat dimanfaatkan oleh teknologi miocro
film sebagai media penyimpanan. Dari fisik Mem-ex dapat dideskripsikan atas
sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit serta
tempat penyimpanan moicro film. Informasi tersebut dapat diakses secara cepat
dengan ditampilkan melalui layar yang sudah disediakan. Ini dapat diumpamakan
seperti otak manusia yang membentuk memori.
HyperText
Hypertext merupakan sebuah pola antarmuka untuk
menampilkan dokumen atau untuk menampilkan link ke informasi lainnya. Hypertext Markup Language merupakan bahasa
yang dirancang untuk pembuaatan halaman web yang mengandung hytext dan
informasi lain yang akan ditayangkan oleh browser HTML digunakan untuk membuat
informasi yang terstruktur juga mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan
standar bahasa yang digunakan untuk mengatur format tampilan dokumen web,
menabahkan objek – objeknya seperti image, video, audio dan juga applet dalam
dokumen HTML, yang mendukung hyperlink antar dokumen.
Internet
Internet
(kependekan dari interconnection-networking)
adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem
global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP)
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang
terbesar dinamakan Internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking
("antarjaringan").
Usenet
Usenet
adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini
dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Yang mencetuskan
ide adalah Tom Truscott dan Jim Ellis pada tahun 2979 untuk selanjutnya
membangun system pada 1980. Usenet
menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal
dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat
dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web. Diskusi disusun
menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan
forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan. Usenet didistribusikan antara konglomerasi besar yang
terus berubah dari peladen-peladen yang menyimpan serta meneruskan pesan satu
sama lainnya. Peladen-peladen ini secara longgar terhubung dalam jejaring tidak
tetap. Polanya mirip dengan peta transportasi kota yang kompleks. Ada beberapa
cara untuk sampai ke titik manapun di kota. Contoh perangkat lunak dunia web
browser yaitu Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, da Google
Chrome.
FTP
File Transfer
Protocol (FTP) adalah protocol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbaris TCP. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling
awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan
(download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat
mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP
adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer
yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP
dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner
dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari
server FTP. FTP menggunakan protokol Transmission Control
Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di
antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum
pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi
server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP
dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk membuat sebuah koneksi antara klien dan server, untuk mengizinkan klien
untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga mengembalikan
respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah
dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah
koneksi baru dengan klien untuk mengirim FTP hanya
menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password
yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat
menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download,
dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna
terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka
dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna
yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,
yakni dengan menggunakan nama pengguna
anonymous
dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Data aktual yang
sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
Gopher
Gopher
adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi,
pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World
Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas. Protokol ini mempunyai beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web
dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di
dalamnya. Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan
komputasi yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal
komputer, yang masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991, dan
kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Revisi
gopher yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia. Manfaat dari
aplikasi ini adalah user tidak memerlukan alamat yang khusus pada computer yang
akan diakses. Gopher sendiri merupakan sebuah system yang memungkinkan user
internet dapat mengakses berbagai situs.
B. Jenis Jenis Web Versi I II III
- Web 1.0
Web 1.0 adalah teknologi yang awalnya dari sebuah website dan teknologinya masih statis dimana pembuat website dan penikmatnya hanya terjadi komunikasi satu arah dengan hanya membaca saja. Web 1.0 ini dikembangkan untuk membuat pengaksesan informasi lebih interaktif lagi. Pada web 1.0 ini menggunakan bahasa HTML.
- Web 2.0
Web 2.0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama pada tahun 2004. Pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini. Prinsip – prinsip Web 2.0 diantaranya:~ Web sebagai platform
~ Data sebagai pengendali utama
~ Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
~Inovasi dalam perakitan system serta disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen.
~ Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan.
~ Akhir dari siklus peluncuran perangkat lunak.
~ Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user.
- Web 3.0
Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Web 3.0 terdiri dari:
~ Format mikro ~ Pencarian dalam bahasa pengguna
~ Penyimpanan data dalam jumlah besar
~ Pembelajaran lewat mesin
~ Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan Web.
C. Pertumbuhan Sosial
& Ekonomi
Pada saat ini teknologi bertumbuh sangat pesat. Ini akan memberi dampak – dampak pada pertumbuan social seseorang dan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dampak ini dapat membawa efek yang positif dan juga membawa dampak yang negative pula. Dampak positifnya dapat membuat seseorang (user) mengetahui banyak informasi, meningkatkan rasa percaya diri seseorang, terjadinya peningkatan produktifitas pada dunia industri, pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan juga terjadinya persaingan yang meningkan dalam dunia kerja dari sudut pandang keterampilannya. Sedangkan dampak negativenya dapat berupa, berkurangnya bersosialisai, mengurangi rasa gotongroyon, terjadinya perbedaan kepribadian pria dan wanita dan terjadinya aksi tipu menupi.
Pada saat ini teknologi bertumbuh sangat pesat. Ini akan memberi dampak – dampak pada pertumbuan social seseorang dan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dampak ini dapat membawa efek yang positif dan juga membawa dampak yang negative pula. Dampak positifnya dapat membuat seseorang (user) mengetahui banyak informasi, meningkatkan rasa percaya diri seseorang, terjadinya peningkatan produktifitas pada dunia industri, pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan juga terjadinya persaingan yang meningkan dalam dunia kerja dari sudut pandang keterampilannya. Sedangkan dampak negativenya dapat berupa, berkurangnya bersosialisai, mengurangi rasa gotongroyon, terjadinya perbedaan kepribadian pria dan wanita dan terjadinya aksi tipu menupi.
D. Web Scince &
Metodologi Web Sains
Web science
digunakan untuk membuat website yang baik yang dapat dikatakan Web science
merupakan ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari web yang muncul
melalui desentralisasi system informasi. Proses ini sendiri terdapat beberapa
tahap, seperti yang dipaparkan dalam presentasi Tim Berners-Lee. Ide yang
didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan
atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya. Seteh itu,
tentunya teknologi tersebut akan menimbulkan dampak atau efek yang besar maupun
kecil yang akhirnya akan membawa kita pada isu (masalah). Web science merupakan
kajian sains dari web. Tetapi web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan
mendasar adalah bagaimana ilmu ini melakukan metodologi tersebut. Berbagai
penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi
pemetaan dan graph pada stuktru web dengan sampling sebagai kata kuncinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar