Halaman

Jumat, 10 Mei 2013

Tugas 1

Definisi Web & Sejarah Web

Web atau yang sering disebut dengan situs adalah sejumlah halaman yang mempunyai banyak topic yang disertai dengan gambar, video atau pun atribut lainnya. Situs web ini biasanya dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet atau jaringan wilayah local (LAN) melalui alamat internet yang umumnya dikenal dengan URL. Lalu semua  situs – situs tersebut yang bisa diakses disebut sebagai WWW (World Wide Web).
Pada tahun 1991 pada pertamakalinya muncul jaringan yang terhubung dengan web, penemu dari web itu sendiri adalah Sir Timothy John Tim Bernes-Lee. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
A.     MiMax, HyperText, Internet, Usenet, FTP, Gopher

       Mem-Ex
      Mem-ex yang berasal dari memoridan index. Mem-ex merupakan nama dari system hypertext hipotetis yang dijelaskan Vannevar Bush pada tahun 1945. Mem-ex ini berfungsi sebagai penyimpan dan pengambilan informasi. Mem-ex sendiri dapat dimanfaatkan oleh teknologi miocro film sebagai media penyimpanan. Dari fisik Mem-ex dapat dideskripsikan atas sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit serta tempat penyimpanan moicro film. Informasi tersebut dapat diakses secara cepat dengan ditampilkan melalui layar yang sudah disediakan. Ini dapat diumpamakan seperti otak manusia yang membentuk memori.
 
HyperText 
       Hypertext merupakan sebuah pola antarmuka untuk menampilkan dokumen atau untuk menampilkan link ke informasi lainnya. Hypertext Markup Language merupakan bahasa yang dirancang untuk pembuaatan halaman web yang mengandung hytext dan informasi lain yang akan ditayangkan oleh browser HTML digunakan untuk membuat informasi yang terstruktur juga mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standar bahasa yang digunakan untuk mengatur format tampilan dokumen web, menabahkan objek – objeknya seperti image, video, audio dan juga applet dalam dokumen HTML, yang mendukung hyperlink antar dokumen.

Internet
     Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
 
Usenet 
     Usenet adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Yang mencetuskan ide adalah Tom Truscott dan Jim Ellis pada tahun 2979 untuk selanjutnya membangun system pada 1980. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan. Usenet didistribusikan antara konglomerasi besar yang terus berubah dari peladen-peladen yang menyimpan serta meneruskan pesan satu sama lainnya. Peladen-peladen ini secara longgar terhubung dalam jejaring tidak tetap. Polanya mirip dengan peta transportasi kota yang kompleks. Ada beberapa cara untuk sampai ke titik manapun di kota. Contoh perangkat lunak dunia web browser yaitu Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, da Google Chrome.  

FTP 
     File Transfer Protocol (FTP) adalah protocol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbaris TCP. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP. FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk membuat sebuah koneksi antara klien dan server, untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

Gopher 
     Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas. Protokol ini mempunyai beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Revisi gopher yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia. Manfaat dari aplikasi ini adalah user tidak memerlukan alamat yang khusus pada computer yang akan diakses. Gopher sendiri merupakan sebuah system yang memungkinkan user internet dapat mengakses berbagai situs. 

B. Jenis Jenis Web Versi I II III
  • Web 1.0
    Web 1.0 adalah teknologi yang awalnya dari sebuah website dan teknologinya masih statis dimana pembuat website dan penikmatnya hanya terjadi komunikasi satu arah dengan hanya membaca saja. Web 1.0 ini dikembangkan untuk membuat pengaksesan informasi lebih interaktif lagi. Pada web 1.0 ini menggunakan bahasa HTML.
  • Web 2.0
    Web 2.
    0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama pada tahun 2004. Pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini. Prinsip – prinsip Web 2.0 diantaranya:
    ~ Web sebagai platform 
    ~ Data sebagai pengendali utama 
    ~ Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi 
    ~Inovasi dalam perakitan system serta disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen. 
    ~ Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan. 
    ~ Akhir dari siklus peluncuran perangkat lunak. 
    ~ Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user. 
  • Web 3.0
    Web 3.0
    adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Web 3.0 terdiri dari:

    ~ Format mikro
    ~ Pencarian dalam bahasa pengguna
    ~ Penyimpanan data dalam jumlah besar
    ~ Pembelajaran lewat mesin
    ~ Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan Web.   
C. Pertumbuhan Sosial & Ekonomi 
Pada saat ini teknologi bertumbuh sangat pesat. Ini akan memberi dampak – dampak pada pertumbuan social seseorang dan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dampak ini dapat membawa efek yang positif dan juga membawa dampak yang negative pula. Dampak positifnya dapat membuat seseorang (user) mengetahui banyak informasi, meningkatkan rasa percaya diri seseorang, terjadinya peningkatan produktifitas pada dunia industri, pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan juga terjadinya persaingan yang meningkan dalam dunia kerja dari sudut pandang keterampilannya. Sedangkan dampak negativenya dapat berupa, berkurangnya bersosialisai, mengurangi rasa gotongroyon, terjadinya perbedaan kepribadian pria dan wanita dan terjadinya aksi tipu menupi. 

D. Web Scince & Metodologi Web Sains
Web science digunakan untuk membuat website yang baik yang dapat dikatakan Web science merupakan ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari web yang muncul melalui desentralisasi system informasi. Proses ini sendiri terdapat beberapa tahap, seperti yang dipaparkan dalam presentasi Tim Berners-Lee. Ide yang didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya. Seteh itu, tentunya teknologi tersebut akan menimbulkan dampak atau efek yang besar maupun kecil yang akhirnya akan membawa kita pada isu (masalah). Web science merupakan kajian sains dari web. Tetapi web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana ilmu ini melakukan metodologi tersebut. Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan dan graph pada stuktru web dengan sampling sebagai kata kuncinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar